Solusi Internet Rumahan Kenceng dengan Harga Terjangkau

Image by Unsplash @austindistel

Selama masa pendemi, masyarakat lebih banyak diarahkan oleh Pemerintah untuk beraktivitas di Rumah saja. Bahkan orang-orang yang bekerja di perusahaan-perusahaan untuk bekerja dari rumah (Work from Home). Anak-anak sekolah mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring (dalam jaringana) alias belajar online. Sehingga kegiatan-kegitan tadi sedikit banyak membutuhkan layanan internet yang bisa diandalkan.

Namun, masih banyak wilayah di Indonesia yang belum terjangkau/terhubung dengan jaringan kabel atau serat optik untuk berlangganan internet rumahan. Sehingga alasan inilah yang menginisiasi Telkomsel, perusahaan terbesar telekomunikasi di Indonesia untuk mengembangkan internet untuk basis rumahan tanpa kabel optik. Produk terbaru mereka ini diberi nama Orbit.

Mari kita simak seperti apa keunggulan dan berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk menikmati Telkomsel Orbit ini. Berikut ulasan kami.

Model Telkomsel Orbit

Telkomsel Orbit merupakan sebuat produk layanan internet rumahan nirkabel berbasis jaringan 4G LTE milik Telkomsel. Mengapa nirkabel, karena jika kita ingin memasang layanan ini di rumah kita tidak perlu memasang kabel optik apapun. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah perangkat modem WiFi dan kartu SIM-card (jaringan data).

WiFi tanpa kabel optik ini terdapat dua varian, yaitu Orbit Start dan Orbit Max. dimana perbedaan mendasarnya adalah mengenai kapasitas penggunanya. Dimana Orbita Start mampu terhubung hingga 32 perangkat saja sedangkan Orbit Max bisa menampung hingga 64 perangkat. Namun keduanya sama menggunakan modem buatan Huawei, yakni B311.

Proses instlasinya sangat mudah dan gampang, tidak perlu memanggil teknisi internet. Cukup menghubungkan modemnya ke sumber listrik melalui adapter, kemudian melakukan aktivasi melalui aplikasi MyOrbit, dan internet sudah bisa langsung dinikmati.

Sedikit membahas modem Huawei B311 ini, modem ini dilengkapi LED untuk menampilkan informasi kepada kita seperti indikator daya, status jaringan, indikator LAN/WAN, indikator WiFi, dan kekuatan sinyalnya itu sediri. Di bagian belakang terdapat slot untuk memasang SIM-card Telkomsel 4G, lalu ada power input, port LAN yang memungkinkan untuk terhubung langsung ke komputer atau laptop Anda dan sebuat tombol reset.

Kecepatan Internet Telkomsel Orbit

Modem ini bisa kita letakkan di mana saja yang kita mau, selama terhubung dengan sumber listrik. Jangkauan modem ini pun terbilang cukup luas. Untuk kecepatan internetnya menggunakan sinyal Telkomsel 4G, sehingga kualitas jaringan tergantung area lokasi Anda masing-masing.

Jika sinyal telkomsel 4Gnya bagus, modem ini dapat menangkap sinyal kuat pula pun sebaliknya. Namun, kecepatannya masih ideal untuk mendukung kebutuhan keluarga sehari-hari, seperti browsing, chating, video call, nonton YouTube dan mengakses berbagai sosial media lainnya. Memainkan game seperti Mobile Legends dan PUBG pun masih tetap lumayan lancar jaya jarang terjadi lag.

Kendali Terlkomsel Orbit

Mengendalikan Telkomsel Orbit ini menggunakan aplikasi khusus yang bisa diunduh di Playstore secara gratis, yakni aplikasi MyOrbit. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengendalikan semua hal yang diperlukan, membeli paket, memantau pemakaian kuota, dan melakukan pengaturan modem, seperti memasang atau mengganti pasword, durasi menggunakan internet dan bisa membatasi serta memantau perangkat yang terhubung.

Cara Berlangganan Telkomsel Orbit

Cara berlanganan Telkomsel Orbit sangatlah mudah. Sebelum melakukan pembelian modem, kita diminta untuk mengecek jangkauan internet Telkomsel di area masing-masing menggunakan Aplikasi MyOrbit. Atau bisa ke website resminya, yaitu MyOrbit.id. Pengecekan jangkauan area internet ini untuk memasktikan area rumah Anda sudah masuk dalam jangkauan.

Jika area rumah Anda termasuk dalam jangkauan layanan ini, step selanjutnya adalah melakukan registrasi atau membuat akun di aplikasi atau webnya lalu melengkapi alamat rumah dan memilih metode pembayaran yang diinginkan. Jika sudah melakukan pembayaran, Telkomsel Orbit akan diantar ke rumah Anda. Setelah modem tiba, Anda wajib melakukan registrasi kartu dengan nomor KTP/SIM dan Kartu Keluarga (KK) untuk mengaktifkan layanan Telkomsel Orbit ini.

Menurut penulis, Telkomsel Orbit ini sebagai solusi internet rumahan yang khusus untuk rumah yang areanya belum mendukung internet berbasis kabel optik/serat optik. Maka layanan ini patut menjadi pertimbangan Anda yang ingin internet rumahan dengan kecepatam kenceng namun juga terjangkau harganya.  Selain instalasinya yang mudah, biaya paket langanan setiap ulannya pun cukup murah, yakni mulai Rp. 65.000 bisa mendapatkan 30GB (harga promo).

Kekurangannya hanya pada kecepatan internetnya, dimana tergantung dengan lokasi pengguna dan aplikasi MyOrbit baru tersedia di Android saja.

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.


NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================
EmoticonEmoticon