Memprediksi Formasi Timnas Indonesia Era Simon McMenemy

Simon McMenemy telah memanggil 24 pemain untuk menjalani pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia. Stadion Pakansari, Bogor, dipilih oleh Timnas untuk menjalani TC yang digelar pada 21 Agustus mendatang. Bola Nusantara coba mengulas peluang formasi Timnas Indonesia.

Pemusatan latihan ini sengaja dilakukan demi memanaskan mesin jelang kualifikasi Piala Dunia 2020, September mendatang. Malaysia dan Thailand akan menjadi dua lawan pertama Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2020.

Dari 24 pemain yang dipanggil oleh Simon McMenemy, ada beberapa nama kejutan. Sebut saja Osas Saha, Angga Saputra, dan Ferdinand Sinaga. Lalu, formasi model apa yang akan digunakan oleh McMenemy? Akankah mereka menggunakan pola bermain yang sama kala menang melawan Vanuatu?

Dua Penyerang Tengah dengan Dua Penyerang Sayap

Saat melawan Vanuatu, Simon memainkan pola 4-4-2. Pola yang sebenarnya begitu familiar lantaran ia sering menggunakan pola ini saat masih melatih Bhayangkara FC.

Bedanya, ia tak memainkan penyerang tengah dengan cara bermain seperti Herman Dzumafo ataupun Ilija Spasojevic. Simon memasang Alberto Goncalves dan Irfan Bachdim di lini depan.

Irfan Bachdim dipasang sedikit di belakang Beto dengan harapan mampu memutus aliran bola pertama dari pemain belakang Vanuatu. Visi bermain Irfan juga diharapkan mampu memberikan suplai bola matang untuk Beto.

Pola ini kemungkinan besar diulangi oleh Simon McMenemy. Tapi, ia bisa menggunakan Ferdinand Sinaga yang berduet dengan Beto di lini depan. Ferdinand akan dipasang lebih ke dalam dengan tugas yang tak jauh berbeda dengan Irfan Bachdim.

Untuk dua pemain sayap, tidak dipanggilnya Riko Simanjuntak membuat atu slot di lini sayap kosong. Kemungkinan besar, Irfan Jaya atau Greg Nwokolo yang akan dipasang sebagai pemain sayap kiri. Untuk sayap kanan, Andik Vermansah kemungkinan besar yang akan dipasang.

Untuk dua pemain di lini tengah, hampir pasti diisi oleh Evan Dimas Darmono dan Zulfiandi. Mereka berdua telah bermain bersama sejak Timnas U-19 2013. Jika tak ada pemain yang absen, maka duet ini akan bermain sejak awal.

Untuk pos penjaga gawang, Andritany Ardhiyasa akan dipasang sejak awal. Untuk empat pemain yang mengawal Andritany, akan ada kejutan. Beberapa nama baru dipanggil oleh Simon McMenemy. Jika boleh memilih, maka, kuartet Andhika Wijaya, Hansamu Yama, Yanto Basna, dan Ricky Fajrin bisa dicoba oleh Simon Mcmenemy.

4-4-2: Andritany; Andhika Wijaya, Hansamu Yama, Yanto Basna, Ricky Fajrin; Evan Dimas, Zulfiandi, Andik Vermansyah, Irfan Jaya; Ferdinand Sinaga, Beto Goncalves.

Lima Gelandang dan Satu Penyerang Tengah

Dari 24 nama pemain yang dipanggil oleh Simon McMenemy, muncul nama Stefano Lilipaly. Fano akhirnya kembali ke Timnas Indonesia setelah sempat absen lama.

Keberadaan Fano memunculkan anggapan bahwa Timnas Indonesia akan menggunakan pola 1-4-2-3-1. Fano akan berada di belakang penyerang Timnas Indonesia yang kemungkinan besar adalah Beto Goncalves.

Untuk dua pemain sayap, tak akan jauh beda dengan prediksi sebelumnya, yakni Andik Vermansah dan Irfan Jaya atau Greg Nwokolo. Febri Haryadi juga bisa menjadi opsi lain sebagai pengganti Andik Vermansah.

Untuk posisi 6 dan 8, kemungkinan besar diisi oleh Evan Dimas dan Zulfiandi. Duet tak tergantikan di lini tengah. Sebagai opsi lain, ada Manahati Lestusen yang tampil prima sebagai gelandang bertahan di PS Tira-Persikabo.

Pos lini belakang tak akan jauh berbeda dengan prediksi sebelumnya. Pola ini membutuhkan pergerakan yang cepat dari dua lini bek sayap. Untuk itu, Andhika Wijaya dan Johan Alfarizi bisa dipasang sebagai bek kanan dan bek kiri.

4-2-3-1: Andritany; Andhika Wijaya, Yanto Basna, Hansamu Yama, Johan Alfarizi; Evan Dimas, Zulfiandi; Andik Vermansah, Stefano Lilipaly, Irfan Jaya; Beto Goncalves

Note: Game Seru Bola Nusantara juga hadir di Piala AFF U-18 2019. Mainkan, menangkan, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan rebut hadiah kerennya! Download dulu aplikasinya di sini

loading...
Latest

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.


NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================
EmoticonEmoticon