Pentingnya Edukasi dan Simulasi Menghadapi Kebakaran

Image by Sepenggal Info
Kawasan gedung dan perkantoran merupakan salah satu area yang rentan akan resiko terjadinya kebakaran. Pelatihan dalam menghadapi situasi darurat ini penting dilakukan untuk menghindari panik dan meminimalisir korban jiwa akibat kebakaran. Selain memberikan informasi seputar langkah menghadapi bencana dan menggunakan perangkat pemadam api, adakalanya pihak gedung melakukan simulasi secara berkala untuk diperoleh kondisi real ketika bencana tersebut terjadi. Tidak tanggung-tanggung, simulasi kebakaran ini melibatkan seluruh tenant gedung sehingga suasananya benar-benar terasa nyata. 

Simulasi ini dimulai dengan bunyi alarm tanda kebakaran dinyalakan disusul dengan pengumuman bahwa telah terjadi kebakaran di area tertentu. Pengumuman ini disampaikan oleh pengelola gedung melalui pengeras suara. Pengumuman ini berisi pengarahan agar tetap tenang dan sesegera mungkin meninggalkan ruangan melalui pintu darurat karena fungsi lift sudah dimatikan sama sekali. Di setiap pintu darurat di masing-masing lantai terdapat satu petugas penyisir yang bertugas untuk memastikan bahwa para karyawan telah keluar dari gedung di masing-masing lantai. Setelah mencapai lantai utama para karyawan diarahkan ke tempat evakuasi dan bergabung dengan karyawan lainnya yang sudah dikelompokkan untuk kemudian dilakukan pengecekan nama.

Walaupun memang melelahkan, simulasi kebakaran yang benar-benar real ini membantu para tenant untuk dapat membayangkan suasana real ketika terjadi kebakaran sehingga resiko cemas karena belum berpengalaman dapat dihilangkan. 

Panik dan cemas ketika terjadi bencana sebisa mungkin harus dihilangkan, apalagi bagi seorang tenant yang bertugas untuk menjaga situasi tetap kondusif dalam keadaan terdesak sekalipun. Pada beberapa kasus, panik dan cemas dapat membuat seseorang mengalami disorientasi arah, sulit bernafas bahkan dapat menimbulkan rasa kaku atau tidak dapat bergerak. Karenanya manajemen stress pada saat terdesak perlu dilatih, sebab bencana, termasuk kebakaran salah satunya, tidak dapat diprediksi.

Resiko terjadinya kebakaran di wilayah industri atau perkantoran dapat diantisipasi dengan melakukan instalasi listrik yang tepat. Konsultasikan instalasi dan kebutuhan listrik industri dengan Sewatama. Sewatama hadir untuk memberikan solusi listrik untuk industri, informasi selengkapnya tentang jasa dan penawaran lain terkait manajemen energi silahkan klik disini.

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.


NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================
EmoticonEmoticon