Cara Mengetahui Siklus Masa Subur Wanita

Image by Unsplash

Mempunyai keturunan merupakan salah satu harapan sebagian besar pasangan suami istri yang telah menikah. Dimana kebahagiaan akan bertambah serta keluarga semakin terasa lebih harmonis. Sehingga kehamilan seorang istri sangat didambakan. Dasarnya kehamilan membutuhkan proses pembuahan, yakni bertemunya sel telur dan sel sperma di dalam Rahim.

Pada dasarnya, perempuan memiliki penanda yang dapat dikenali sebagai masa subur, yaitu sebelum datang bulan atau haid datang. Masa subur tersebut merupakan waktu yang tepat untuk mempertemukan sel telur dan sel sperma.

Siklus haid wanita harus diperhatikan oleh kedua belah pasangan suami istri, agar kehamilan tepat pada waktu yang keduanya inginkan. Maka, salah satu cara agar cepat hamil pada wanita salah satunya dengan mengetahui masa subur. Kalkulator kesuburan wanita sangat penting difahami dan dimengerti.

Siklus haid wanita adalah rentang jumlah hari dari hari saat pertama haid sampai hari pertama haid berikutnya. Dengan siklus inilah dapat diketahui masa subur seorang wanita dengan tepat.

Jika wanita dengan siklus haidnya 28 hari, maka ia memiki hanya enam hari masa subur, lima hari sebelum ovulasi atau satu hari saat ovulasi, yaitu jatuhnya sel telur dari ovarium. Enam hari inilah kemungkinan untuk hamil menjadi lebih tinggi keberhasilannya.

Siklus haid setiap wanita berbeda-beda dan juga berubah-ubah tiap bulannya, maka perlu sekalu mencatat siklus haid selama beberapa bulan. Dari catatan siklus haid beberapa bulan tersebut dapat diketahui siklus haid paing pendek dan paling Panjang.

Seletah mengetahui siklus haid dari catatan-catatan tersebut maka bisa memperkirakan masa subur. Lantas bagaimana cara menghitung masa subur seorang wanita?

Jika sudah mengetahui siklus haid paling Panjang dan paling pendek minimal delapan bulan, maka hanya perlu menyesuaikan dengan rumus sederhana untuk mencari tahu masa subur.

Cara Menghitung

Caranya, siklus haid paling pendek dikurangi 18 hari, maka hasilnya adalah hari pertama masa subur. Misal, siklus haid paling pendek adalah 27 hari, maka hari pertama masa subur adalah hari kesembilan.

Kemudian siklus haid paling Panjang dikurangi 11, sehingga hasilnya adalah hari terakhir masa subur. Misal, siklus haid paling Panjang 30 hari, maka hari terakhir masa subur adalah ari ke-19.

Pada kedua contoh di atas, berarti masa suburnya berada di antara heri ke 9-19. Hari-hari diantara dua tanggal-tanggal tersebut memilki kemungkinan hamil lebih tinggi dan berhasil. Demikian kalkulator kesuburan seorang wanita yang perlu diketahui, agar hamil di saat waktu yang tepat.

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.


NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================
EmoticonEmoticon