Resep Makanan Bayi 6 Bulan


Ketika si kecil sudah memasuki usia 6 bulan, Jangan terlambat mengenalkan si kecil dengan MPASI. Tanda yang bisa dikenal adalah jika ia bisa duduk dengan bantuan, kadang memasukkan benda ke mulutnya  atau sudah bisa menegakkan kepala, artinya si kecil sudah siap menerima makanan untuk pertama kalinya.

Jika si kecil sudah berusia 6 bulan kemudian makanan tambahan atau MPASI, maka ia berpotensi dan tumbuh menjadi anak cerdas. Anak cerdas itu hebat, cerdas bukan hanya dari sisi intelegensi (IQ) semata, tetapi juga cerdas dari sisi emosional (EQ). Contohnya ia cepat tanggap saat mendapat informasi baru, memiliki rasa peduli terhadap sekitar dan lingkungannya.

Semua Ibu pasti menginginkan si kecil tumbuh jadi anak hebat. Oleh karena itu, seorang ibu harus penuhi semua kebutuhan nutrisi harian si kecil sejak dini secara rutin. Banyak makanan bayi 6 bulan atau MPASI yang berkualitas yang bisa dibeli, MPASI ini bisa berupa makanan lembut atau sejenisnya seperti bubur sayuran hijau, bubur buah, bubur susu, yogurt dan lain-lain.

Karena si kecil telah bisa mengonsumsi makanan tambahan, bukan berarti ASI tidak diberikan lagi, tetapi ASI harus terus diberikan hingga usia 2 tahun. Karena makanan tambahan sifatnya hanya untuk melengkapi dan mendampingi nutrisi si buah hati ketika pencernaannya sudah siap mengolah makanan.

Mungkin sebagian ibu masih bingung apa yang harus dilakukan untuk merencanakan kapan dan bagaimana menu sehat buat si buah hati yang sudah berusia 6 bulan. perencanaan ini berguna untuk mengantisipasi kalau si kecil tiba-tiba rewel karena lapar dan ingin makan sesuatu selain ASI.

Ada banyak sekali jenis makanan tambahan buat si kecil, MPASI yang diberikan bisa berupa makanan lumat atau lembut seperti ikan/daging/telur, tahu/tempe atau  buah-buahan yang dihaluskan/dilumatkan/disaring, seperti pisang atau pepaya yang dihaluskan, tomat atau jeruk manis yang saring dan lain-lain. Anda juga bisa membuat MPASI jenis bubur, seperti bubur biskuit, bubur ASI maupun bubur susu. Secara bertahap, tekstur makanan MPASI bisa diganti dan divariasi, seperti makanan lembik atau dicincang yang mudah ditelan si kecil: bubur nasi campur, bubur kacang hijau dan lain-lain.

Jika memberikan makanan bayi 6 bulan atau MPASI dengan terartur, rutin dan menyesuaikan jadwal, maka  seorang Ibu akan lebih mudah membentuk pola makan si kecil untuk terus mengoptimalkan perkembangan fisik dan mentalnya.

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.


NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================
EmoticonEmoticon