Trik Cerdas Hemat Air Dan Listrik Di Rumah Baru


Ariuh, Malang. Membeli rumah baru merupakan salah satu langkah untuk memulai kehidupan yang baru. Perubahan tentunya cukup diperlukan untuk menunjang kehidupan yang lebih baik. Seperti dengan mulai melakukan penghematan pemakaian listrik dan air di rumah baru. Bagi kamu yang tinggal dan menetap di rumah yang memiliki udara cukup panas dibandingkan dengan daerah lainnya, mengharuskan kamu untuk selalu mengaktifkan pendingin udara atau air conditioner ( AC ) untuk merasakan kesejukan. Atau kebutuhan untuk selalu terhubung dengan internet yang memaksamu selalu menghidupkan laptop atau komputer. Sikap berlebihan ketika menggunakan listrik bisa menimbulkan bengkaknya pengeluaran untuk membayar tagihan listrik setiap bulan. 

Mengingat, kamu baru saja mengeluarkan uang yang cukup besar untuk membeli dan renovasi rumah baru dari salah satu pengembang rumah dijual di Jakarta. Maka melakukan penghematan sangat perlu kamu terapkan di rumah untuk menekan pengeluaran. Coba terapkan beberapa langkah, trik dan cara  berikut ini untuk menerapkan kehidupan yang lebih hemat di rumah baru.

HEMAT LISTRIK DI RUMAH

Matikan Alat Elektronik Yang Tidak Digunakan
Membiarkan peralatan listrik terus menyala meskipun sedang tidak digunakan merupakan hal yang sangat tidak bijak. Peralatan seperti komputer, lampu, kipas angin, AC, dan perlengkapan elektronik lainnya akan membuat tagihan listrik semakin meningkat. Cobalah untuk mendisiplinkan diri dan keluargamu untuk menghemat listrik dengan mulai dari mencabut dan mematikan peralatan yang tidak digunakan.

Bila perlu pasang pengatur waktu pada AC atau televisi agar secara otomatis mati dalam waktu yang ditentuan. Dengan begitu, meskipun kamu lupa mematikannya akan tetap mati dengan sendirinya dengan timer yang sudah kamu atur.

Maksimalkan Penerangan Dengan Matahari
Ketika pagi dan siang hari usahakan sebisa mungkin untuk tidak menyalakan penerangan atau pencahayaan dari lampu. Manfaatkan matahari yang bersinar untuk menerangi rumahmu. Buka jendela ventilasi dan biarkan jendelamu tidak tertutupi oleh gorden. Selain bisa menghemat pengeluaran listrik di rumah baru kamu juga bisa merasakan udara yang sehat masuk ke dalam rumah yang kamu miliki. Maka tak hanya menekan biaya listrik saja yang bisa kamu dapatkan, kamu pun akan memiliki kondisi tubuh yang sehat dengan bantuan alam.

Gunakan Peralatan Elektronik Daya Rendah
Agar tidak mengkonsumsi energi listrik terlalu besar penggunaan alat – lat listrik yang memiliki daya rendah perlu kamu lakukan. Pertimbangkan ini ketika kamu memilih lampu, AC, lemari pendingin hingga mesin cuci dan peralatan elektronik lainnya. Ganti peralatan listrik yang sudah lama atau sudah pernah diperbaiki karena umumnya peralatan listrik seperti ini justru membengkakan tagihan listrikmu.

Ciptakan Taman Yang Sejuk
Keberadaan taman hijau di halaman rumah baru yang memiliki tanaman cukup banyak bisa menciptakan udara yang sehat dan iklim sejuk, sehingga kamu bisa mengurangi atau bahkan tidak memakai sama sekali penyejuk ruangan.

HEMAT AIR DI RUMAH

Mandi Dengan Gayung Atau Shower
Tahukah kamu bila mandi menggunakan gayung atau shower hanya menghabiskan sekitar 15 hingga 30 liter air saja ? jumlah tersebut tentunya lebih sedikit dibandingkan dengan saat kamu memutuskan untuk mandi berendam di banthub yang memerlukan kurang lebih 300 liter air. Guna menghemat pengeluaran air yang berlebihan sebaiknya usahakan untuk mandi menggunakan shower atau gayung. Lupakan pilihan mandi berendam dengan bathub.

Matikan Keran Saat Cuci Peralatan Makan Atau Pakaian
Hindari kebiasaan menyalakan keran air ketika membasuk peralatan makan dengan sabun atau ketika mencuci pakaian. Tanpa kamu sadari, kebiasaan seperti ini akan membuang air secara sia – sia. Matikan keran ketika kamu sedang membasuh kemudian nyalakan kembali ketika kamu akan membilasnya.

Gunakan Sedikit Detergen Saat Mencuci
Ketika kamu mencuci pakaian di rumah baru dengan detergen yang banyak, hal ini tentunya akan memunculkan buih yang banyak pula. Otomatis kamu memerlukan air lebih banyak lagi untuk membilas pakaian tersebut agar bersih dari buih. Maka gunakanlah detergen dengan jumlah yang sedikit. Bila perlu gunakan sabun bio – degradable yang terbuat dari bahan organik sehingga air nya masih bisa digunakan ulang setelah kamu saring.

Periksa Pipa Dan Keran Secara Berkala
Pemantauan dan pemeriksaan berkala terhadap pipa dan keran air rumah yang baru kamu beli dapat meminimalisir boros air. Kamu bisa langsung mengatasi dan memperbaiki pipa dan keran yang bocor dengan segera. Hal ini bisa menghemat pengeluaran untuk biaya air.

Pembengkakan biaya atau pengeluaran untuk air dan listrik umumnya terjadi akibat dari kebiasaan – kebiasaan buruk yang dilakukan oleh pemilik rumah baru. Meskipun kamu sanggup membayar semua tagihan tersebut, namun ada baiknya bila uang lebih tersebut kamu manfaatkan untuk keperluan lainnya. 

Sekian informasi terkait tips dan cara sederhana untuk menghemat pemakaian listrik dan air. Semoga informasi diatas bisa membantu kamu untuk menjalankan kehidupan baru dengan hal – hal yang lebih bermanfaat. Terima kasih.

Salam 
Munadi Syarif
Latest

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.


NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================
EmoticonEmoticon