Tips Cermat Mengelola Keuangan untuk Kaum Lajang

Tips Cermat Mengelola Keuangan untuk Kaum Lajang

Ariuh, Malang. Masyarakat modern yang masih melajang biasanya merasa lebih leluasa mengatur kondisi keuangannya. Karena belum ada kewajiban besar sehingga bisa menggunakan pendapatan dengan bebas. Namun bukan berarti kita benar-benar bebas menghambur-hamburkan uang. Sebab kita tetap harus menjaga kestabilan kondisi finansial setiap saat.

Bila selama ini kita sering boros dalam mengelola keuangan, berarti kita mesti mengikuti beberapa tips berikut ini :

Usahakan Agar Tidak Tergiur Diskon
Membeli barang-barang yang dibanderol dengan harga diskon itu sah-sah saja. Namun bukan berarti kita harus selalu berburu diskon. Belilah barang-barang sewajarnya, sesuai dengan kebutuhan kita. Selalu tergiur dengan diskon hanya akan membuat kita terjebak membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Memilih Jenis Investasi yang Tepat
Di zaman modern ini ada banyak pilihan investasi yang bisa kita andalkan. Daripada memboroskan uang yang kita miliki, lebih baik kita menggunakannya untuk berinvestasi. Mungkin dulu masih banyak orang yang bertanya-tanya tentang apa itu reksadana. Tetapi kini reksadana sudah menjadi pilihan investasi modern yang semakin diminati. 

Kita bisa mencari informasi seputar reksadana terbaik melalui perusahaan manajer investasi penyedia fasilitas reksadana. Karena kini kita tidak harus memiliki modal besar untuk memulai investasi reksadana, maka kita bisa segera memiliki investasi yang satu ini dengan cara yang praktis.

Tak Perlu Terpengaruh Gaya Hidup Mewah
Penghasilan selalu mencukup untuk kebutuhan hidup, tetapi tidak dengan gaya hidup. Jadi, sebaiknya kita tidak terpengaruh gaya hidup mewah yang dijalankan oleh orang-orang di sekitar kita. Sesekali membeli barang berkualitas itu memang perlu. Supaya barang yang kita gunakan tidak cepat rusak dan bisa bertahan lama. Tetapi bukan berarti hal ini membuat kita harus selalu menggunakan barang-barang bermerek yang mahal setiap saat.

Segera Melunasi Utang Secepatnya
Keberadaan utang akan membuat kita terbebani dengan angsuran setiap bulan. Apalagi bila kita sering lupa membayar angsuran tepat waktu, sudah pasti kita juga harus membayar denda karena keterlambatan pembayaran. Sebaiknya kita segera melunasi utang-utang yang masih menjadi tanggungan kita. Sehingga kita pun tidak memboroskan uang untuk membayar bunga utang yang besar.

Melajang bukanlah alasan untuk mengabaikan pengelolaan keuangan secara efektif. Justru kita harus memulai kebiasaan baik sejak masih lajang. Supaya kebiasaan tersebut akan terbawa terus ketika nanti kita sudah berumah tangga. Tak pernah ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan baik mulai hari ini.

Salam
Munadi Syarif

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.


NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================
EmoticonEmoticon