7 Hal Penting Sebelum Membeli Smartphone Baru


Ariuh, Malang. Setiap tahunnya produk smartphone semakin berkembang, mulai dari teknologi yang disematkan sampai pada desainnya yang membuat mata terbelalak. Perusahaan smartphone berlomba-lomba dan bersaing demi memenuhi permintaan masyarakat yang tidak terbendungi. 

Bagi para pengamat dan penikmat teknologi smartphone tentu bukan hal yang sulit dalam memilih produk smartphone, karena mereka sudah mengetahui smartphone mana yang harus mereka beli sesuai kebutuhan. Namun, bagi orang awam atau sebatas pengguna, pasti akan menemukan kesulitan dalam memilih smartphone mana yang harus dibeli. Nah, kalau Anda termasuuk orang yang bingung mana smartphone yang harus dibeli, saya memberikan 7 hal penting sebelum membeli smartphone baru berdasarkan pengalaman saya. Check it out!

Memilih system operasi yang tepat
System operasi pada smartphone saat ini bermacam-macam, seperti Android, iOS, Windows Pnone, Blackberry OS dan lain sebagainya. Tetapi yang paling populer saat ini adalah Android. iOS untuk iPhone pun tidak kalah berbeda dengan pengguna Android. Di Indonesia sendiri, banyak pengguna smartphone berbasis system operasi Android. Nah, bagi Anda yang ingin membeli smartphone, OS apa yang Anda inginkan? tentu ini disesuaikan dengan budget yang Anda punya. Apabila memilih smatrphone Android, saya sarankan memilih Android dengan versi terbaru. Untuk saat ini OS terbaru Android adalah Nougat, yaitu versi 7.0.

Memilih brand/merek
Saat ini sudah banyak brand smartphone bermunculan sehingga membuat pembeli kebingungan mana yang harus dibeli. Saya sarankan, belilah smartphone yang sudah mempunyai reputasi dan track record baik di pasar smartphone. Jadi, jangan memilih smartphone yang tidak jelas merek dan brandnya, ini akan berdampak pada kelangsungan smartphone Anda kedepannya. Bisa menjadi pedang bermata dua nantinya. Maka belilah smartphone dengan merek yang sudah terkenal di dunia smartpone.

Perhatikan Chipset smartphone
Chipset merupakan sebuah sistem di dalam perangkat yang terdiri dari beberapa/kumpulan microchip. Chipset pada perangkat mobile lebih dikenal dengan SoC, yaitu system on a chip. Di dalamnya terdapat prosesor, pengolah grafis, pengontrol manajemen daya, pengontrol konektivitas jaringan (WiFi, 3G, 4G, LTE dll) yang terintegrasi sehingga mendukung kinerja sebuah smartphone untuk lebih optimal.

Chipset ini memiliki peranan penting dalam mentransfer berbagai data pada sebuah smartphone. Sebelum Anda membeli, googling terlebih dahulu spesifikasi smartphone yang akan Anda beli, dengan begitu Anda tidak akan salah pilih nantinya.

Perhatikan RAM
RAM merupakan sebuah memory yang menyimpan hal-hal yang kamu akses sementara secara bersamaan, atau sering disebut penyimpan multitasking. Smartphone yang memiliki kapasitas RAM yang besar, Anda bisa melakukan lebih banyak aktivitas secara bersamaan, serta akan semakin mempermudah Anda dalam membuka dan menutup banyak aplikasi dengan cepat tanpa loading. Jadi belilah smartphone yang mempunyai kapasitas RAM besar.

Camera
Bagi perempuan, camera merupakan hal penting dalam sebuah smartphone. Selain untuk mengabadikan moment-moment juga sebagai ajang photografi juga untuk ajang selfy. Jika Anda termasuk orang yang suka selfy alangkah baiknya memilih smartphone dengan kamera depan beresolusi tinggi. Begitu juga bagi Anda yang hobby merekam video (vlogging, reviewer dll) maka carilah smartphone yang memiliki kemampuan rekam dengan resolusi HD atau 4K. Untuk mengetahui smartphone yang memiliki resolusi serta kualitas photografi yang baik, Anda bisa mencarinya di Google.

Kapasitas baterai
Keluhan pengguna smartphone saat ini terletak pada baterainya, dimana banyak orang mengeluh baterai smartphonenya cepat habis apabila digunakan secara intens. Sebenarnya sebelum memilih sebuah smartphone lihatlah kapasitas beterainya terlebih dahulu. Semakin besar semakin bagus dan bisa Anda gunakan lebih lama. Saat ini sudah banyak smartphone yang mempunyai kapasitas baterai besar bahkan melebihi rata-rata.

Baca: Smartphone Berkapasitas Baterai 10.900 mAh.

Mendengarkan rekomendasi teman
Pasti sudah ada beberapa teman Anda yang lebih dulu mempunyai samrtphone terbaru. Nah Anda bisa tanyakan kepada mereka tentang smartphone yang telah mereka beli atau Anda bisa meminjamnya beberapa saat untuk mengetahui bagaimana smartphone itu bekerja. Mintalah pendapat kepada mereka tentang smartphone yang kamu incar serta bandingkan dengan smartphone teman Anda.

Demikian tips-tips dari saya untuk Anda yang ingin membeli smartphone baru. 7 hal di atas merupakan rekomendasi saya berdasarkan pengalaman saya membeli smartphone pada 1 minggu yang lalu. Saya bersyukur dengan memperhatikan 7 hal di atas, saya memilih smartphone dengan tepat, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan saya sebagai pengguna. Mudah-mudahan apa yang saya tulis di atas membantu kesulitan Anda dalam memilih smartphone yang sekiranya tepat buat Anda.

Semoga bermanfaat.

Salam
Munadi Syarif

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.


NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================
EmoticonEmoticon